Thursday, 20 September 2018

ISTILAH KATA SOSIOLOGI DAN PENJELASANNYA



Istilah sosiologi berasal dari kata socius dan logos. Socius (bahasa latin) berarti 'kawan' dan logos (bahasa yunani) berarti 'kata' atau 'berbicara'. Dengan Demikian, Sosiologi berarti ilmu yang mempelajari masyarakat. Sebagian bagian dari ilmu sosial, objek kajian sosiologi adalah masyarakat. Kata masyarakat berasal dari akar kata Arab, musyarak, artinya 'bersama-sama'. Istilah masyarakat dalam bahasa inggris adalah society. Kata society berasal dari bahasa Latin socius, yang berarti 'kawan'.

Ada berbagai pandangan tentang masyarakat. Selo Soemardjan mengatakan bahwa masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan. J.L. Gilin dan J.P. Gilin mengatakan bahwa masyarakat adalah kelompok manusia yang terbesar. Mereka mempunyai kebiasaan, tradisi, sikap, dan perasaan persatuan yang sama. Dalam pandangan Auguste Comte, masyarakat merupakan kelompok makhluk hidup dengan realitas-realitas baru yang berkembang menurut hukum-hukumnya sendiri dan pola perkembangan tersendiri. Hasan Shadily mendefisikan masyarakat sebagai golongan besar atau kecil dari beberapa manusia yang dengan atau karena sendirinya bertalian secara golongan dan mempunyai pengaruh kebatinan satu sama lain. Sementara itu, menurut Ralph Linton, masyarakat merupakan suatu kelompok manusia yang telah hidup dan bekerja sama dalam waktu yang cukup lama.

Dalam mempelajari masyarakat sebagai objek kajian, sosiologi memfokuskan studinya pada:
1. hubungan timbal balik antara manusia satu dan manusia lainnya
2. hubungan antara individu dan kelompok
3. hubungan antara kelompok yang satu dan kelompok lainnya
4. proses yang timbul dari hubungan-hubungan tersebut dalam masarakat.

Masyarakat sebagai objek studi sosiologi merujuk pada sejumlah manusia yang telah sekian lama hidup bersama. Mereka juga telah menciptakan berbagai peratuan pergaulan hidup. Ada beberapa unsur yang terkandung dalam istilah masyarakat. Unsur-unsur tersebut adalah sebagai berikut.
1. Sejumlah manusia yang hidup bersama dalam waktu yang relatif lama. Di dalamnya, manusia saling mengerti, merasam dan mempunyai harapan-harapan sebagai akibat dari hidup bersama itu.
2. Memiliki sistem komunikasi dan peraturan yang mengatur hubungan antarmanusia dalam masyarakat.
3. Manusia yang hidup bersama merupakan suatu kesatuan.
4. Manusia yang hidup bersama merupakan suatu sistem hidup bersama, yang menimbulkan kebudayaan di mana setiap anggota masyarakat merasa dirinya masing-masing terikat dengan kelompoknya.


EmoticonEmoticon