Friday, 2 August 2019

PENGERTIAN PERILAKU MENYIMPANG DAN MENURUT PARA SOSIOLOG

Penggunaan obat-obatan terlarang.

1. Pengertian Perilaku Menyimpang
Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat selalu berusaha agar setiap anggotanya berperilaku sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Namun, pada kenyataannya, kita selalu menjumpai anggota masyarakat yang berperilaku menyimpang. Suatu perilaku dikatakan menyimpang apabila tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Contohnya, menyontek, melakukan tawuran, merampok, mencuri, membunuh, menganiaya, menculik, menggunakan narkoba, atau melakukan korupsi. Dalam skala yang lebih kecil, perilaku menyimpang juga termasuk pelanggaran terhadap kebiasaan atau kepantasan, seperti siswa yang bolos sekolah atau pemuda yang mabuk-mabukan

2. Pengertian Perilaku Menyimpang menurut Para Sosiolog
Menurut para sosiolog, penyimpangan bukan sesuatu yang melekat pada bentuk perilaku tertentu, melainkan diberi ciri penyimpangan melalui definisi sosial. Definisi tersebut dapat bersumber dari kelompok yang berkuasa dalam masyarakat atau dari masyarakat umum. Contohnya, seseorang yang mengenakan pakaian renang di sekolah akan terlihat aneh dan dianggap i wajar. Namun, hal itu tidak dianggap perilaku menyimpang jika orang tersebut mengenakan pakaian renangnya ketika berada di kolam renang atau pantai. Berikut adalah pendapat beberapa sosiolog tentang definisi perilaku menyimpang.

  • William Kornblum
Menurut Kornblum, penyimpangan tidak hanya diatributkan pada individu atau masyarakat dengan kategori penyimpangan (deviance) dan penyimpang (deviant). Namun, dapat dijumpai pula apa yang disebut dengan institusi menyimpang atau deviant institution. Contohnya adalah kejahatan terorganisir, seperti sindikat pengedar narkoba.
  • James W. Van der Zanden
Menurut Zanden, perilaku menyimpang merupakan tindakan yang dianggap sebagai hal yang tercela dan di luar batas toleransi sebagian besar masyarakat. Ukuran perilaku menyimpang bukan terletak pada baik buruk atau benar salah menurut pengertian umum, melainkan berdasarkan ukuran nilai dan norma serta budaya suatu masyarakat. Anggota masyarakat yang menyimpang akan mendapatkan sanksi, baik secara hukum maupun sosial.
  • Robert M. Z. Lawang
Menurut Lawang, perilaku menyimpang adalah semua tindakan yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku dalam suatu sistem sosial. Perilaku tersebut menimbulkan usaha dari mereka yang berwenang dalam sistem itu untuk memperbaikinya.
  • Howard Saul Becker
Menurut Becker, penyimpangan bukanlah kualitas dari suatu tindakan yang dilakukan orang, melainkan konsekuensi dari adanya peraturan dan penerapan sanksi yang dilakukan oleh orang lain terhadap pelaku tindakan tersebut.


EmoticonEmoticon