Wednesday, 1 April 2020

5 CARA ADAPTASI INDIVIDU TERHADAP SITUASI TERTENTU

Salah satu contoh pemberontakan adalah Ku Klux Klan
yang lahir di Amerika Serikat.

1. Konformitas (conformity)
Pada cara adaptasi ini, perilaku seseorang mengikuti cara dan yang telah ditetapkan masyarakat. Contohnya, seorang kepala rumah tangga ingin memperoleh penghasilan untuk menghidupi keluarganya (tujuan yang ditetapkan masyarakat). Tujuan itu dicapainya dengan cara bekerja di suatu perusahaan (cara yang tersedia dalam masyarakat).

2. Inovasi (innovation)
Pada cara adaptasi init perilaku seseorang mengikuti tujuan yang ditentukan masyarakat dengan menggunakan cara yang dilarang masyarakat. Contohnya, seorang kepala rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangganya melakukan korupsi. Mendapatkan penghasilan untuk menghidupi keluarga merupakan tujuan yang ditentukan oleh masyarakat. Namun, korupsi merupakan cara yang tidak dibenarkan masyarakat. Contoh lain, siswa yang ingin mendapatkan nilai bagus dalam ujian melakukan berbagai cara, seperti menyontek.

3. Ritualisme (ritualism)
Pada cara adaptasi ini, perilaku seseorang telah meninggalkan tujuan budaya, tetapi tetap berpegang pada cara yang telah ditetapkan oleh masyarakat. Contohnya, seorang karyawan dari kalangan menengah ke bawah tidak ingin naik jabatan karena takut gagal atau seorang karyawan yang tetap membaktikan dirinya untuk suatu pekerjaan yang membosankan, meskipun pekerjaan tersebut tidak memiliki prospek karier dan hanya memberikan gaji yang kecil. Tujuan budaya yang ada di masyarakat (mencapai kesuksesan) tidak dikejar oleh karyawan itu. Tapi, cara yang telah ditetapkan oleh masyarakat tetap ia lakukan, yaitu dengan bekerja (bekerja adalah cara yang ditetapkan masyarakat untuk mencapai kesuksesan). Ritualis menerima gaya hidup kerja keras, tetapi menolak tujuan budaya seperti hadiah uang. Individu ritualis bekerja keras, namun tidak berkomitmen untuk mengumpulkan kekayaan atau kekuasaan.

4. Retretisme (retreatism)
Pada cara adaptasi ini, perilaku seseorang tidak mengikuti tujuan dan cara yang dikehendaki masyarakat. Dalam pola adaptasi ini seseorang ingin menarik diri dari masyarakat. Menurut Merton, pola adaptasi ini dapat dilihat dalam diri para gelandangan, pemabuk, dan pecandu narkoba. Orang-orang tersebut ada di dalam masyarakat, tetapi tidak menjadi bagian dari masyarakat.

5. Pemberontakan (rebel/ion)
Pada cara adaptasi ini, orang tidak Iagi mengakui struktur sosial yang ada dan berupaya menciptakan struktur sosial yang baru. Contohnya, pada tahun 1998, demonstrasi mahasiswa berhasil menurunkan Soeharto dan rezim Orde Barunya. Orde Baru merupakan struktur sosial yang ditolak oleh mahasiswa, sedangkan Orde Reformasi merupakan struktur sosia! yang didambakan. Cara mengganti kepemimpinan negara adalah melalui sidang MPR. Namun, cara ini ditolak oleh para mahasiswa. Mereka memilih menggunakan cara demonstrasi untuk mengganti kepemimpinan Soeharto. Contoh lain adalah skinheads (subbudaya yang lahir di Inggris pada akhir tahun 1960-an. Kelompok ini mendapat cap rasis karena beberapa anggotanya terlibat bentrok dengan imigran Pakistan dan Asia Selatan di Inggris pada era '60-an) dan Ku Klux Klan (sebuah kelompok rasis ekstrem di Amerika Serikat yang lahir tahun 1865. Kelompok ini berkeyaknan bahwa ras kulit putih adalah ras yang terbaik. Kelompok ini bertujuan untuk berjuang memberantas kaum kulit hitam dan minoritas di AS seperti Yahudi dan orang-orang Asia)


EmoticonEmoticon