Thursday, 3 December 2020

METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL

contoh metodologi penelitian

Dalam bagian metodologi, paling tidak terdapat empat bagian inti, yakni jenis penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan unit analisis.


Jenis penelitian

Jenis penelitian pada intinya merupakan bentuk penelitian yang ingin dilaksanakan oleh peneliti. Jenis penelitian berkaitan erat dengan masalah penelitian dan cara atau teknik pengumpulan data.

Contoh: Bila masalah penelitian adalah mencari hubungan antar variabel, maka jenis penelitian yang tepat adalah penelitian eksplanasi dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara pendukung.


Teknik pengumpulan data

Sebelum membahas teknik pengumpulan data, kita perlu mengetahui data terlebih dahulu. Secara umum, data terbagi atas data primer dan sekunder.

  1. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari lapangan penelitian, seperti data yang diperoleh dari kuesioner yang dibagikan atau wawancara langsung dengan objek penelitian.
  2. Data sekunder adalah data yang tidak diperoleh secara langsung dari lapangan, misalnya dari koran, dokumen, dan bacaan lainnya.

Dalam penelitian sosial, teknik pengumpulan data yang biasa digunakan adalah kuesioner atau angket, wawancara, observasi, dan studi literatur. Teknik yang digunakan tergantung pada rumusan masalah, tujuan penelitian, hipotesis, dan sampel yang digunakan. Contohnya, bila sampel yang digunakan dalam jumlah besar, teknik pengumpulan data yang tepat digunakan adalah teknik kuesioner. Namun, dalam penelitian sosial, biasanya para peneliti menggunakan lebih dari satu teknik pengumpulan data untuk mengurangi kesalahan atau bias data dari teknik yang digunakan.


Teknik-teknik pengumpulan data tersebut memiliki alat atau instrumen pengumpulan data masing-masing. Teknik kuesioner menggunakan instrumen kuesioner atau angket. Teknik wawancara menggunakan instrumenpedoman wawancara. Teknik observasi menggunakan pedoman observasi. Teknik studi literatur menggunakan instrumen literaturyang ada.


Teknik analisis data

Teknik analisis data merupakan cara mengolah data yang telah diperoleh dari lapangan. Hasil analisis data ini merupakan jawaban atas pertanyaan masalah yang diajukan peneliti pada bagian perumusan masalah.

Teknik analisis data harus disesuaikan dengan jenis pendekatan penelitian. Berdasarkan hal tersebut, teknik analisis data dibagi atas dua macam teknik, yakni kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data secara kuantitatif menggunakan rumus-rumus statistik dalam mengolah data. Teknik analisis data secara kualitatif menggunakan analisis fenomena yang terjadi di lapangan dikaitkan dengan teori yang ada. Teknik analisis ini dapat kita pelajari lebih dalam pada bagian lain buku ini.


Unit analisis

Unit analisis merupakan satuan atau objek yang diteliti. Contohnya, sebuah organisasi (sekolah, pemda, DPR, dan sebagainya), kelompok masyarakat (golongan miskin, pengangguran, dan mahasiswa), dan individu.



EmoticonEmoticon